Tuesday 19 August 2014

Microsoft PowerPoint 2007


1 .  Mengenal PowerPoint 2007
Microsoft PowerPoint 2007 yang untuk selanjutnya disingkat PowerPoint 2007 merupakan program aplikasi presentasi canggih yang popular dan paling banyak digunakan saat ini. Dengan menggunakan Microsoft PowerPoint Anda dapat merancang dan membuat presentasi yang professional secara mudah dan cepat.
Pada saat Anda membuka atau menjalankan program aplikasi PowerPoint 2007, sebuah slide presentasi baru yang masih kosong akan ditampilkan. Lihat Gambar 1.
Gambar 1. Tampilan Jendela Kerja PowerPoint 2007

2 .  Menyiapkan Presentasi Baru Yang Masih Kosong
Anda dapat Menyiapkan Presentasi baru yang masih kosong dengan menggunakan langkah berikut ini :
1.      Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol New . Kotak dialog New Presentasion akan ditampilkan. Lihat Gambar 2.
 
Gambar 2. Kotak Dialog New Presentasion
2.      Oleh Karena Anda Bermaksud untuk menyiapkan presentasi baru yang masih kosong, pada area New Blank pilih dan klik Blank Presentasion. Kemudian klik tombol perintah Crate. Atau klik dua kali pada Blank Presentasion.
Pada saat Anda Membutuhkan presentasi baru,  Anda dapat juga menggunakan template-template yang sudah disiapkan oleh Microsoft Office 2007. Untuk menggunakan Template yang sudah siap pakai, ikuti langkah berikut :
1.      Klik Microsoft Office Button, kemudian klik tombol New. Kotak dialog New Presentasion akan ditampilkan.
2.      Pada Template Categories, klik Istalled Templates atau klik salah satu kategori yang ada pada pilihan Microsoft Office Online. Kotak dialog New Presentasion dengan pemilihan Installed Templates atau Microsoft Office Online akan ditampilkan. Lihat gambar 3.

 Gambar 3. Kotak Dialog Pemilihan dari Installed Templates
3.      Pada kotak daftar pemilihan Installed Templates atau Microsoft Office Online, Pilih dan klik template yang Anda inginkan. Kemudian klik tombol perintah Crate atau Download. Lihat Gambar 4.

Gambar 4. Presentasi yang Diambil dari Installed Templates
3 .  Menyunting dan Menata Tampilan Slide dengan Tampilan Normal
Bentuk Tampilan normal (normal view) akan menampilkan secara lengkap outline presentasi, isi sebuah slide yang sedang ditunjuk dan catatan pada masing-masing slide. Dengan menggunakan tampilan ini tampilan Anda dapat dengan mudah melihat, membuat atau menyunting catatan pada masing-masing slide. Untuk memilih tampilan ini pada tab View, dalam group Presentasion View, klik  Normal atau klik tombol Normal yang ada di pojok kanan bawah baris status

I .  Memilih atau Berpindah Slide pada Area Slide
Anda dapat memilih slide tertentu atau berpinda dari satu slide ke slide yang lain pada area slide, dengan menggunakan berbagai cara berikut ini :
·         Menggunakan Baris Penggulung Tegak (Vertical Scroll Bar) yang ada di sebelah kanan area slide. Pada saat menggeser (drag) Kotak Penggulung (Scroll Box/Slider),
di layar akan ditampilkan Slide Indicator yang memberitahukan posisi slide yang sedang dipilih. Lihat Gambar 5.


Gambar 5. Kotak Penggulung (Scroll Box) dan Slide Indicator
·         Menggunakan tombol keyboard PgDown untuk pindah ke slide berikutnya dan tekan tombol PgUp untuk pindah ke slide sebelumnya.

II .  Menyunting Judul dan Isi Slide pada Area Slide
Presentasi yang Anda buat biasanya terdiri dari beberapa buah slide. Masing-masing slide pada umumnya mempunyai judul, isi slide dan objek lainnya dengan format tampilan yang berbeda-beda. Anda dapat menyunting judul dan isi slide tertentu yang sedang dipilih, dengan menggunakan langkah berikut :
1.      Pilih atau tampilkan slide yang ingin Anda sunting.
2.      Arahkan mouse pointers pada judul (title) atau isi slide (text) yang ingin Anda sunting, kemudian klik satu kali. Dengan langkah ini tanda pemilihan objek teks akan ditampilkan
3.      Pada objek teks yang Anda pilih, tempatkan titik sisip (insertion point) pada posisi yang Anda inginkan, kemudian lakukan penyuntingan judul (title) atau isi slide (text) sesuai dengan keinginan Anda.
4.      Klik di lar objek teks yang Anda sunting untuk mengakhiri proses penyuntingan.

III .  Mengganti Layout Slide
Apabila layout yang telah Anda gunakan pada slide kurang sesuai,Anda dapat mengganti layout tersebut dengan menggunakan langkah berikut :
1.      Pilih atau tampilkan slide yang layoutnya ingin Anda ganti.
2.      Pada Tab Home, dalam Group Slides, klik Layout. Kotak pemilihan layout slide akan ditampilkan. Lihat Gambar 6.

Gambar 6. Kotak Pemilihan Layout Slide
3.      Pada kotak pilihan tersebut, pilih dan klik layout baru yang Anda inginkan.

IV .  Menggunakan Fasilitas Themes
Selain Anda dapat merancang sendiri format tampilan slide, Anda dapat juga memanfaatkan template-template yang sudah disediakan oleh PowerPoint 2007 dengan menggunakan fasilitas themes. Untuk menggunakan fasilitas themes, ikuti langkah berikut ini :
1.      Buka file presentaisi yang ingin diganti format tampilan slidenya.
2.      Pada tab Design, dalam Group Themes, Pilih dan klik Theme yang Anda inginkan. Lihat Gambar 8.



Gambar 8. Kotak Daftar Pilihan Themes
3.      Ketika Anda melakukan pemilihan, secara otomatis hasilnya akan ditampilkan pada area kerja.

 
V .  Menggunakan Motif Latar Belakang
Anda dapat dengan mdah memilih dan mengatr motif latar belakang, dengan menggunakan langkah ini :
1.      Buka file presentasi yang ingin diberi motif latar belakang.Pada Tab Design, dalam Group Background, klik Background Style. Kotak
2.      Pada Tab Design, dalam group Themes, pilih dan klik Theme yang diinginkan



0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Popular Posts