Saturday 7 March 2015

IPA : Atom, Ion dan Molekul

ATOM, ION dan MOLEKUL

A .  ATOM
1 .  Democritus dan Leucipus
          Pada abad ke-4 SM, seorang ahli filsafat yang berasal dari Yunani bernama Democritus menyatakan bahwa materi bersifat diskontinu. Diskontinu artinya jika materi dipecah (dibagi) secara terus menerus, maka pada suatu saat materi tidak dapat dibagi lagi, pendapat Democritus didukung oleh Leucipus.
2 .  Aristoteles
          Aristoteles menyatakan bahwa materi bersifat kontinu, artinya materi dapat dipecah atau dibagi terus menerus tanpa batas.
3 .  John Dalton
         
Pada tahun 180, John Dlaton menyusun teori atom yang dikenal dengan teori atom Dalton. Dalam teorinya, Dalton menatakan sebagai berikut :
a. Setiap materi terdiri atas partikel partikel terkecil yang tidak dapat dibagi, yang disebut
    atom.
b. Atom atom yang sama mempunyai sifat yang sama dalam segala hal, tetapi berbeda
    dengan atom unsur lain.
c. Atom atom dapat bergabung satu sama lain secara kimia membentuk molekul dengan
    perbandingan sederhana.
4 .  J.J.Thompson
          Pada tahun 1898, J.J.Thompson membuat suatu model atom. Model atom Thompson, yaitu atom berbentuk bulat dimana muatan listrik positif tersebar merata dalam atom dan dinetralkan oleh electron electron yang berada di antara muatan positif.
5 .  Rutherford
          Model atom Rutherford, yaitu atom tersusun dari inti atom yang bermuatan positif dan berada pada pusat atom serta dikelilingi oleh elektron bermuatan negatif. Teori atom model Rutherford mirip dengan sistem tata surya yang berpusat pada matahari.

B .  ION
          Ion adalah partikel/atom yang bermuatan listrik. Ion dapat dibagi menjadi dua, yaitu ion positif dan ion negatif.
1. Ion Positif
          Ion positif adalah partikel yang bermuatan listrik positif. Ion positif terbentuk apabila atom netral melepaskan elektron yang terdapat pada kulit terluarnya. Elektron terluar yang dimiliki oleh suatu atom disebut elektron valensi. Ion positif juga disebut kation.
2. Ion Negatif
         
Ion negatif adalah partikel yang bermuatan listrik negatif. Ion negatif terbentuk apabila atom netral menerima elektron untuk mencapai kesetabilan. Atom dikatakan stabil apabila mempunyai 8 elektron pada kulit terluarnya atau mempunyai konfigurasi elektron seperti gas mulia. Ion negatif juga disebut anion.
C .  MOLEKUL

          Molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempetahankan sifat kimia dan fisika yang unik. Berdasarkan pada jenis atom pembentuknya molekul dibagi menjadi dua, yaitu molekul unsur dan molekul senyawa.


1. Molekul Unsur
          Molekul unsur adalah molekul yang tersusun dari atom atom sejenis.contoh, H2, N2, Cl2.
2. Molekul Senyawa
          Molekul senyawa adalah molekul yang tersusun dari atom tak sejenis. Contoh, H2O, NH3.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Popular Posts