Saturday 7 March 2015

IPA : Asam, Basa dan Garam

ASAM, BASA dan GARAM

A. ASAM
          Asam merupakan zat elektrolit yang rasanya masam. Jika dilarutkan dalam air akan melepaskan ion hidrogen (H+) dan sisa asam. Sifat sifat asam, yaitu sebagai berikut.
a. Mempunyai rasa masam ( jangan mencicipnya BERBAHAYA ).
b. Mengubah lakmus biru menjadi merah.
c. Dapat menghantarkan arus listrik.
d. Jika dilarutkan dalam air akan melepaskan ion hidrogen (H+).
e. Bersifat korosif terhadap logam.
f. Dapat menetralkan basa.
          Dengan adanya karat pada besi merupakan salah satu ciri yang menunjukan bahwa asam bersifat korosif terhadap logam. Apabila suatu asam dilarutkan hingga hampir seluruh ion H+ dilepaskan, maka asam ini disebut asam kuat. Jika ion H+ yang dilepaskan hanya sebagian kecil saja maka asam tersebut disebut asam lemah. Zat yang termasuk asam kuat antara lain asam lambung (HCL), asam sulfat (H2SO4), asam sulfit (H2SO3), asam bromide (HBr), asam nitrat (HNO3), dan asam nitrit ( HNO2). Adapun zat yang termasuk asam lemah, antara lain asam karbonat (H2CO3), asam asetat(CH3COOH), asam sulfide (H2S), asam sianida (HCN) dan asam fosfat (H3PO4).

B. BASA
          Basa adalah zat yang terasa licin, seperti sabun. Apabila dilarutkan dalam air akan terurai menjadi ion hidroksil (OH-) . Oleh sebab itu, suatu basa dapat menghantarkan listrik.Sifat sifat basa adalah sebagai berikut.
a. Terasa licin jika terkena kulit (jangan mencoba BERBAHAYA).
b. mengubah lakmus merah menjadi biru.
c. Dapat menghantarkan arus listrik.
d. Jika dilarutkan dalam air akan melepaskan ion hidroksil (OH-).
e. Dapat menetralkan asam.
          Pada saat basa dilarutkan dan hampir seluruh ion OH- dilepaskan maka basa itu disebut basa kuat. Akan tetapi, jika hanya sebagian kecil OH- yang dilepaskan maka basa tersebut disebut basa lemah. Contoh basa kuat, antara lain natrium hidroksida (NaOH), kalsium hidroksida ( KOH), barium hidroksida ( Ba(OH)2). Contoh basa lemah, antara lain ammonium hidroksida ( NH4(OH) dan alumunium hidroksida (Al(OH)3).

C. GARAM

          Garam adalah hasil reaksi antara asam dan basa. Garam dapat terbentuk dari senyawa antara ion logam dan ion sisa asam. Jika dilarutkan dalam air, maka garam akan terurai menjadi ion positif logam dan ion negatif sisa asam. Misalnya:
a. Garam dapur : NaCl = Na+ + Cl-
b. Besi sulfat     : Fe2(SO4)3 = 2Fe3+  + 3SO43-
          Adapun sifat sifat garam, yaitu.
a. Larutanya atau leburannya dapat menghantarkan arus listrik.
b. Tidak mengubah kertas lakmus (netral).
c. Jika dilarutkan dalam air akan menghasilkan ion logam dan ion sisa asam.

*Like Please ^.^

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Popular Posts