Saturday 23 August 2014

Albert Einstein

ALBERT EINSTEIN

          Tokoh fisika terkenal ini memiliki masa lalu “kelabu”. Dia adalah Albert Einstein atau sering dipanggil Einstein. Einstein kecil termasuk anak yang lambat berbicara sehingga tidak bisa sekolah dengan baik.
           Meski demikian Einstein tertarik pada jurusan matematika dan fisika. Hal itu berawal dari saat ia sakit dan ayahnya datiang membawa kompas saku. Ia tertarik dan ingin sekali tahu mengapa kompas selalu menunjukan arah yang sama.
           Pada  tahun 1905 Einstein mengumumkan teori Relavitas khusus. Dalam teori ini ia mengemukakan dua postulat yang diyakini, yaitu:
-         Postulat yang pertama: hukum_hukum fisika mempunyai bentuk yang sama pada semua kerangka acuan inersial. 
     Postulat pertama ini dinyatakan karena tidak ada kerangka acuan universal sebagai acuan mutlak. Selain itu postulat ini juga sebagai perluasan dari prinsip revalitas Newton yang hanya menjelaskan hukum-hukum mekanika melainkan semua hukum-hukum yang ada dalam fisika.
-         Posultat yang kedua    : Cepat rambat cahaya di dalam ruang hampa ke segala arah adalah sama untuk semua pengamat, tidak tergantung pada gerak sumber cahaya maupun pengamat.

          Selain mengemukakan tentang teori relativitas, Einstein juga menuliskan karya ilmiah tentang  gejala kapiler dalam “Annalen der Physic” yang salah satunya  juga berisi tentang teori relativitas.
          Rumus  terkenal dari Einstein adalah tentang hubungan antara energy yang dipancarkan dan massa suatu benda.
   E = m . c²

Keterangan :   E = energi yang dipancarkan
                     m = massa (kg)
                      c = kecepatan cahaya (m/s)

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Popular Posts