Tuesday 31 March 2015

Radio

Radio


A. Pengertian
          Radio adalah teknologi yang digunakan untuk mengirim sinyal melalui gelombang elektromagnetik melintas dan merambat melalui udara, gelombang elektromagnetik juga merambat melalui ruang hampa udara. Gelombang radio dipancarkan melalui kabel, arus magnetiknya dinyatakan dalam bentuk arus bolak balik di dalam kabel. Selanjutnya diubah menjadi audio yang membawa informasi.

B. Penemuan Radio
          Penemuan radio berawal dari penemuan gelombang elektromagnetik. Dasar teori dari perambatan gelombang elektromagnetik pertama kali dijelaskan oleh James Clerk Maxwell pada tahun 1873. Maxwell menjelaskan mengenai teori dinamika medan elektromagnetik, Maxwell menemukan teori tsb berdasarkan hasil kerjanya antara tahun 1981 dan 1865.
          Pada tahun 1878, David Edward Hughes menemukan bahwa ke seimbangan induksi menyebabkan gangguan  pada telepon yang dibuatnya. David adalah orang pertama yang mengirimkan dan menerima gelombang radio. Hughes menjelaskan penemuannya pada 1880, namun dianggap sebagai induksi biasa.
          Antara tahun 1887 dan 1888 Heinrich Rudolf Hertz membuktikan teori Maxwell melalui percobaan. Hertz memperagakan bahwa persamaan elektromagnetik dapat dibentuk ke dalam persamaan gelombang. Saat ini persamaan gelombang diterapkan dalam teleskop radio.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Popular Posts