Tuesday 17 March 2015

IPA : Crustacea

Crustacea


          Crustacea adalah bagian dari kelompok besar organism yaitu Arthropoda atau hewan beruas. Terdapat lebih dari 38.000 spesies Crustacea. Banyak spesies crustacean yang dekat dengan kehidupan kita. Kadang kadang kita dapat melihatnya di dapur, misalnya udang, lobster dan kepiting. Crstacea memiliki cangkang luar yang kuat yang disebut ekskeleton, yang berguna untuk melindungi diri.

A. Dari Telur Hinggaaaa Dewasa

          Crustacea mengawali hidup sebagai telur. Telur akan menetas menjadi larva kecil. Jutaan larva membentuk plankton yang terapung di laut. Banyak larva crustacea yang tidak mirip dengan hewan dewasa. Larva teritip adalah perenang yang gesit, tetapi ketika dewasa larva menjadi dewasa, ia merekatkan diri ke batu dan tidak mau bergerak lagi.

B. Membuang Cangkang

          Ketika larva tumbuh membesar, ia membuang cangkangnya dan menumbuhkan cangkang baru yang lebih besar. Proses ganti cangkang ini disebut menyelongsong (moulting). Crustacea terus bergantti cangkang di sepanjang hidupnya.
          Kepiting, udang dan lobster berkaki sepuluh. Sepasang kaki depan beradaptasi sebagai capit. Capit tersebut dimanfaatkan untuk beberapa fungsi, yaitu untuk mempertahankan diri, mengangkap, mengoyak mangsa dan member isyarat kepada sesamanya.

*Like Please

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar

Popular Posts